Warna Standar Pada Pipa

Warna standar pada pipa

Pipa

Pipa sangat sering kita temui dalam dunia industri manapun, yang merupakan selongsong berbentuk bundar yang untuk mengalirkan cairan atau gas. Berdasarkan standard produksinya, pipa pada umumnya diklasifikasikan berdasarkan pada diameter nominalnya, yang biasanya memiliki nilai ouside diameter (OD) atau diameter luarnya tetap. Sedangkan untuk tebal pipa mengunakan istilah schedule yang memiliki nilai bervariasi.

Pada sebuah pipa atau sistem pemipaan, terdapat istilah NPS ( Nominal Pipe Size) adalah istilah yang menunjukan diameter nominal (bukan ukuran sebenarnya) dari sebuah pipa. Arti nominal disini adalah hanya angka standar yang digunakan sebagain satuan umum, misalnya adalah ketika menyebutkan pipa 2” (dua in) maka pipa tersebut memiliki ukuran sekitar dua in, namun ukuran aslinya bila di ukur tidak tepat dua in. Nilai dua in tersebut bukan ukuran sebenarnya, tapi hanya nominal yang di gunakan untuk menyebutkan jenis pipa.

Pipa dibagi menjadi dua istilah yaitu piping dan pipeline. Istilah pipeline tersebut digunakan untuk mengalirkan fluida dari satu fasilitas ke fasilitas yang lain, dan biasanya ukurannya sangat besar. Piping di gunakan untuk istilah pipa yang mengalirkan dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang berdekatan, sedangkan pipa yang digunakan berukuran relatif kecil. Beberapa pemanfaat pipa adalah pipa ledeng untuk mengalirkan air dalam rumah tangga, transportasi pipa gas atau cairan dalam jarak yang sangat panjang sebagai komponen mekanikal, untuk indurstri minyak atau gas, Sebagai pengeboran minyak, mengalirkan minyak atau gas untuk di olah.

Karena pipa memiliki banyak jenis pipa, maka cara paling mudah untuk membedakan satu pipa dengan pipa yang lain adalah dengan memberikan warna pipa yang berbeda-beda untuk setiap fluida yang dialirkan. Contoh standar warna pipa pada Inggris adalah menggunakan warna perak atau abu-abu pada pipa untuk pipa air, pipa berwarna coklat untuk fluida minyak baik itu mineral maupun dari tumbuhan dan binatang, pipa ungu untuk alkalin atau asam, pipa biru muda untuk udara, pipa oranye untuk keperluan listrik dan ventilasi, pipa kuning untuk gas, dan juga pipa hitam untuk cairan lainnya.

footer-banner

 

 

 

Recent Posts