Teknik Pengelasan Fillet 1F Sambungan T

Teknik Pengelasan Fillet 1F Sambungan T

Pada pengelsan SMAW, terdapat banyak kasus untuk sambungan, salah satunya adalah sambungan fillet. Sambungan Fillet merupakan jenis sambungan yang banyak digunakan dalam dunia konstruksi maupun bidang manufaktur. Sambungan ini banyak macamnya diantaranya yang umum adalah sambungan “T”.

Langkah Kerja Pengelasan

  1. Mengatur arus las (Ampere) sesuai dengan diameter elektroda.
  2. Mengelas ikat pada kedua ujung kampuh T.
  3. Meletakkan kampuh T pada alat bantu dalam posisi datar dibawah tangan.
  4. Mengelas kampuh T.
  5. Bersihkan terak las hasil pengelasan.
  6. Lanjutkan latihan mengelas (kampuh T) sampai menghasilkan alur las yang baik, rata dan simetris.

Petunjuk Pengelasan

Untuk menjaga agar kedua pelat jangan sampai bergeser dari posisi yang telah ditetapkan, maka kedua pelat di ikat dengan las ikat pada kedua ujung sambungan atau kampuh tersebut. Kedua pelat harus saling bersentuhan sedemikian rupa, supaya setelah diikat dengan las, tidak  enunjukkan adanya bagian yang bersentuhan itu longgar atau meneruskan sinar. Benda kerja diletakkan pada alat bantu posisi (kanal U) dalam posisi datar dibawah tangan. Untuk menyalakan elektroda dimulai pada titik ± 15 mm dari awal pinggir kampuh. Dan apabila busur listrik sudah menyala, maka batang elektroda digeser kearah permulaan dan selanjutnya proses pengelasan dapat dimulai.

Batang elektroda diarahkan seperti pada proses pengelasan rigi-rigi las, dan sudut arah melintang 45 0. Hasil dari pengelasan kampuh T ini dikatakan baik, apabila penampang kampuh menunjukkan peletakan yang sama dan rata pada kedua sisi pelat atau simetris Dalam pengelasan sambungan / kampuh T ini berarti bahwa ada dua pelat yang bertemu dalam posisi tegak lurus, pertemuan ini disebut pertemuan T.

Kampuh T

Kampuh dari hasil pengelasan pertemuan T atau disebut kampuh T dapat ditunjukkan dengan symbol seperti gambar. Dengan memakai simbol-simbol, maka bentuk kampuh yang diminta, lebih jelas ditunjukkan. Seperti yang telah kita kenal beberapa kampuh sambungan T yaitu antara lain: Datar;  Cembung ; dan Cekung.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts