Perbaikan Mesin Pengeruk

Perbaikan Mesin Pengeruk

Excavator sebagai mesin pengeruk sudah menjadi mesin andalan untuk berbagai industri, misalnya industri pertambangan, bangunan, batu bara, pabrik, dan masih banyak lagi. Hal ini karena mesin pengeruk memiliki banyak kegunaan misalnya untuk penanganan material, menggali parit , lubang, pondasi bangunan,  pekerjaan kehutanan, penghancuran perataan tanah, angkut material berat, pertambangan.  Sehingga  mesin pengeruk dalam penggunaan dan kinerjanya pun dapat dikatakan cukup banyak dan berdampak pada penggunaan mesin ini sendiri. Untuk pengoperasiannya dibutuhkan pengetahuan dasar yang menunjang agar  tidak mengalami miss aplikasi dan kerusakan yang terlalu dini.

Cara Perbaikan Mesin Pengeruk

Jika dalam penggunaan ekskavator terdapat beberapa hal yang todak sesuai dan terus berlangsung, atau pun tidak dilakukan perawatan rutin pada mesin pengeruk, sangat memungkinkan terjadinya kerusakan pada mesin ini. Beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada ekskavator adalah oil sel yang bocor, mesin yang terlalu panas, terjadi keausan pada liner dan ring piston,  valve guide atau steam, kerenggangan velve, knocking atau detonation, patahnya gigi backhow, mesin penggerak yang memang tidak bisa angkat hidrolik dan lain-lainnya.

Solusi untuk perbaikan mesin pengeruk ini, terdapat beberapa cara adalah :

  • Dengan penggantian oil sel yang bocor. Setelah dilakukan penggantian oil, sebaiknya agar tidak melakukan hal- hal  yang bisa mengakibatkan kebocoran lagi misalnya pengoperasikan alat terlalu over terutama pada oil sel baket yang sering bocor, pembukaan bucket terlalu full sehingga oilsel tadinya menggesek piston yang bagian ujung yang kasar dan bisa mengakibatkan kerusakan pada oilsel.
  • Menjaga panas pada oil agar tetap pada suhu normal. Tindakan ini sangat mempengarui kinerja hidrolik, dan cara mengatasi hal ini adalah dengan membersihkan rang kuler oil, radiator , membersihkan oil yang menempel pada bagian luar mesin, perlakuan khussus dilakukan pada bagian komponen bagian dalam mekanik pompa hidrolik dengan merapatkan cela cela bagian yang bergesekan supaya sesuai celah normal karena celah yang terlalu besar dapat menimbulkan oil compress yang lepas dan panas yang berlebihan pada oil hidrolik.
  • teknik pengelasan adalah untuk mencegah keausan, penggabungan atau perbaikan yang retak atau aus. Harus diingat bahwa dalam pengelasan ini harus sesuai dengan material mesin pengeruk, sehingga diperlukan kawat las yang sesuai. Kawat las yang paling sesuai untuk pengelasan mesin pengeruk adalah merk EDZONA. Kawat las EDZONA ini khusus untuk perbaikan dan perawatan mesin. Untuk konsultasi ataupun pembelian kawat las, hubungi (024) 6747333.

footer-banner

 

 

Recommended Posts