Perawatan dan Perbaikan Furnace

Jika sebelumnya telah dibahas pengenalan furnace atau tungku pembakaran, maka kali ini akan dibahas ruangan dan macam-macam furnace.

Perawatan dan Perbaikan Furnace

Ruang Pembakaran pada Furnace

Furnace adalah sebagai dapur penerima panas bahan bakar untuk pembakaran. Pada fernace terdapat fire gate di bagian bawah sebagai alas bahan bakar dan di sekelilingnya terdapat pipa-pipa air ketel yang menempel pada dinding tembok ruang pembakaran sebagai penerima panas dari bahan bakar secara radiasi, konduksi, dan konveksi. Tungku furnace digunakan untuk melelehkan logam untuk pembuatan bagian mesin dan juga untuk memanaskan bahan serta mengubah bentuknya atau merubah sifat-sifat bahan.

Pada furnace ini gas buang dari bahan bakar yang kemudian berkontak langsung dengan bahan baku, maka jenis bahan bakar adalah hal yang penting. Karena beberapa bahan bakar tidak akan ditolerir sulfurnya. Bahan bakar padat akan menghasilkan bahan partikulat yang akan mengganggu bahan baku yang ditempatkan didalam tungku. Hal ini sebagai alasan hampir seluruh tungku menggunakan bahan bakar cair, gas atau listrik sebagai masukan energi. Tungku induksi dan busur menggunakan listrik untuk melelehkan besi tuang dan baja. Untuk bahan baku bukan besi menggunakan bahan bakar minyak menggunakan tungku pelelehan. Tungku yang dibakar dengan minyak bakar hampir seluruhnya menggunakan minyak tungku, terutama untuk pemanasan kembali dan perlakuan panas bahan. Minyak diesel ringan digunakan dalam tungku bila tidak dikehendaki adanya sulfur.

Komponen-Komponen Tungku Pembakaran

Perapian untuk menyangga baja, yang terdiri dari bahan refraktori yang didukung oleh sebuah bangunan baja, sebagian darinya didinginkan oleh air.
Ruang refraktori dibangun dari bahan isolasi untuk menahan panas pada suhu operasi yang tinggi.
Burners yang menggunakan bahan bakar cair atau gas digunakan untuk menaikan dan menjaga suhu dalam ruangan. Batubara atau listrik dapat digunakan dalam pemanasan ulang tungku.
Cerobong digunakan untuk membuang gas buang pembakaran dari ruangan
Pintu pengisian dan pengeluaran digunakan untuk pemuatan dan pengeluaran muatan. Peralatan bongkar muat termasuk roller tables, conveyor, mesin pemuat dan pendorong tungku.

Macam Furnace

Furnace atau tungku pembakaran memiliki beberapa jenis yaitu :

  1. Muffle furnace. Muffle furnace adalah tungku pembakaran dimana bahan subyek dan semua produk pembakaran termasuk gas dan abu terisolasi. Kemudian dilakukan pengembangan pemanas listrik pada jenis ini dengan suhu tinggi, elemen dan elektrifikasi yang berkembang di negara-negara maju, sehingga muffle furnace sekarang berubah ke listrik dengan cepat. Pada saat ini, muflle furnace biasanya berupa sebuah front-loading kotak-jenis oven untuk aplikasi suhu tinggi misalnya seperti kaca sekering, menciptakan lapisan enamel, keramik dan barang solder, mematri.
  2. Salt bath furnace. Untuk jenis salt bath furnace modern digunakan untuk sejumlah aplikasi perlakuan panas misalnya: Preheating, Austenitizing, Martempering, Tempering Nitridasi, Pengerasan netral, High-Speed ​​Tool Pengerasan, karburizing, heat treatment solution, Dip brazing
  3. Vacuum furnace. Vacuum furnace adalah jenis tungku pembakaran yang dapat memanaskan bahan, biasanya logam, pada suhu sangat tinggi dan melaksanakan proses seperti sintering , mematri, dan perlakuan panas dengan konsistensi tinggi dan kontaminasi rendah. Pada vacuum furnace ini, produk dalam tungku dikelilingi oleh ruang hampa dan tidak adanya udara atau gas lainnya mencegah perpindahan panas dengan produk melalui konveksi dan menghilangkan sumber kontaminasi.
  4. Fluidized-bed furnace. Fluidized-bed furnace adalah tungku pembakaran yang berbentuk persegi atau silinder dan juga adasebuah tungku Panjang Dari Ruang dan Reaksi Ruang untuk distribusi gas ke perapian atau penyediaan ledakan udara.

Perawatan dan Perbaikan Furnace

Untuk perawatan dan perbaikan france atau tungku pembakaran baik untuk sambungan las atau pelapis, kawat las yang paling tepat adalah kawat las EDZONA. Tidak diragukan lagi bahwa kawat las EDZONA memiliki kualitas dan pelayanan terbaik.
footer-banner

 

 

 

Recommended Posts