Pengelasan Gmaw (Gas Metal Arc Welding)

Pengelasan Gmaw (Gas Metal Arc Welding)

Gmaw (Gas Metal Arc Welding)

GMAW  (Gas Metal Arc Welding) adalah salah satu proses pengelasan atau penyambungan logam sejenis dengan menggunakan bahan tambahan berupa kawat gulungan dan gas pelindung dengan melalui proses pencairan.

Fungsi Gas Pelindung Pada Proses GMAW

Fungsi dari gas pelindung pada proses tersebut adalah melindungi dari proses oksidasi karena pengaruh udara luar dapat memberikan pengaruh pada kualitas las, jenis gas yang digunakan antara lain adalah gas argon, helium.

Proses Pegelasan GMAW

Dasar dari proses pengelasan jenis ini adalah proses pencairan logam. Proses tersebut akan terjadi dari adanya busur las yang terbentuk antara kawat las dan benda kerja. Pada saat kawat las diarahkan ke benda kerja, akan terjadi busur las yang menghasilkan panas dan kemudian akan mencairkan logam kawat las dan logam benda kerja sehingga mencair bersama dan akan membentuk sambungan permanen, dalam posisi tersebut gas pelindung yang berupa gas dapat melindungi las dari udara luar sehingga bisa membentuk suatu sambungan yang permanen. Arus yang digunakan pada proses pengelasan GMAW adalah arus searah (DC) dan posisi elektroda kutub positif atau disebut dengan polaritas terbalik agar transfer logam bisa sempurna.

Parameter Las Yang Berpengaruh Pada GMAW

  • Voltage
  • Wire feed speed
  • Welding speed
  • Type of shielding gas
  • Elektroda

Gas Pada Proses Gmaw

Pada pengelasan baja lunak dan baja menggunakan gas CO2 sedangkan untuk pengelasan aluminium dan baja tahan karat menggunakan gas argon atau campuran argon dan helium.

  1. ARGON (GAS MULIA / INERT GAS). Pada umumnya semua pengelasan menggunakan shielding gas tersebut karena mechanicalnya yang baik, bisa menstabilkan arc dan productivitynya lebih besar. Gas argon digunakan untuk material non ferrous (aluminium, copper alloys, nickel alloys, stainless, dll), sedangkan untuk material ferrous menggunakan campuran beberapa gas (argon+helium, argon+CO2 atau argon+oxygen) dengan prosentasi komposisi menyesuaikan.
  2. GAS CO2. Gas CO2 adalah berupa gas aktif, Gas CO2 tidak bisa digunakan untuk pengelasan menggunakan Spray transfer jika tidak di-mix. CO2 sendiri hanya bisa digunakan pada proses pengelasan Globular transfer dan Short Arc transfer tanpa di-mix.
  3. Helium merupakan inert gas, dan sering digunakan sebagai shielding pada pengelasan yang membutuhkan untuk tembus lebih dalam, kecepatan thermal conductivity dari gas helium lebih tinggi dibanding argon, maka membutuhkan voltage lebih besar pada proses pengelasannya, dan biasanya disarankan untuk material aluminium dengan ketebalan lebih besar.

Dasar Penamaan Elektroda Gmaw

ER XXS – X
Keterangan :
ER       : Electrode or welding rod
XX      : Tensile strenght x 1000 psi
S          : Solid wire
X         :  Chemical composition
Kelebihan pengelasan gmaw adalah proses sangat efisien, tidak menimbulkan kerak, proses pengerjaan yang cepat, dapat digunakan pada semua posisi pengelasan. sedangkan kekurangan pengelasan gmaw adalah bisa terjadi burnback sewaktu-waktu, busur yang tidak stabil, set-up sulit di awal, sering terjadi cacat las porosity

Kawat Las Maintenance Edzona

Kawat Las Edzona menyediakan berbagai macam kebutuhan Kawat las maintenance untuk Perusahaan Anda. Silahkan mengunjungi menu produk untuk informasi detailo, atau hubungi email Kami di info@kawatlasedzona.com.

footer-banner

Recommended Posts