Mesin Hidrolik Dan Perawatannya

Mesin Hidrolik Dan Perawatannya

Pemanfaatan energi hidrolik atau energi fluida bertekanan dan juga energi-energi yang lebih dulu ada seperti energi listrik, mekanik, udara bertekanan atau pneumatik, energi kimia atau fisika, energi konvensional lainnya menyebabkan makin luasnya penggunaan berbagai energi untuk mempermudah kegiatan manusia. Pemunculan energi baru itu akan memunculkan pula teknologi yang perkembangannya menjadi sangat cepat.

Banyak teknologi yang digunakan dalam hal pemindahan barang, misalnya adalah hidrolik. Pemanfaatan energi hidrolik dalam bidang teknik mesin maupun teknik otomotif  sangat berperan besar. Dalam bidang teknik mesin penggunaan sistem hidrolik sudah memasuki berbagai peralatan misalnya mesin pres hidrolik, mesin milling hidrolik, elevating platform (meja pengangkat), rocking lever (tuas pengayun), meja pengangkat untuk mengisi dan mengeluarkan, alat-alat pengangkut dan penyortir, gerakan pada jalur pendingin dan sebagainya pada industri baja merupakan sedikit contoh aplikasi sistem hidrolik. Selain itu masih pada industri baja, jalur ”pemotong besi strip” yang serba otomatik juga menggunakan sistem hidrolik. Pada mesin perkakas, sistem hidrolik sangat luas digunakan. Ciri yang menonjol dari sistem hidrolik pada saat ini adalah kepresisian dan energinya yang sangat besar. Bahkan pada peralatan produksi yang digunakan secara luas, hasil optimum dapat dicapai pada tingkat yang mengagumkan dengan sistem yang telah teruji.

Di pelabuhan atau di pabrik-pabrik dan bandara, kagiatan pemindahan atau mengangkat barang menggunakan perangkat hidrolik melakukan gerakan menyisir dan pengangkatan roda gigi, mekanisme perputaran peralatan, bongkar muat bagasi di airport. Peralatan hidrolik menjadi menonjol dalam jenis pengendalian serta sederhana dan ekonomis karena dapat menggabungkannya dengan sistem energi lain dengan mudah. Untuk bidang teknik otomotif, penggunaan energi hidrolik sudah cukup lama dan sudah banyak digunakan misalnya pada rem mobil, transmisi otomatik, sistem pengemudian dengan bantuan hidrolik, pengaturan tempat duduk, energi untuk pembuka atau penutup kaca dan mobil.  Sekarang energi fluida ini sudah digunakan luas dan umum pada alat kendaraan berat misalnya forklift,  motor grader, shovel, crushers, loader, hydraulic crawler cranes, bulldozer, excavator atau backhoe(bego), dump truck, compactor, dan lain-lain dalam pekerjaan properti atau teknik sipil.

Pada aplikasi sistem hidrolik yang digunakan pada kendaraan alat berat merupakan kombinasi pemanfaatan energi otomotif  dengan energi hidrolik. Aplikasi hubungan antara sumber penggerak (mesin bensin) dan tenaga hidrolik yang dikeluarkan yang harus sedekat mungkin dan mempunyai kerugian yang minimum dengan mobilitas yang tinggi, menjadikan kendaraan alat berat merupakan jawaban akan kebutuhan peralatan yang mampu bekerja dengan tenaga yang besar dan mobilitas tinggi. Pada alat berat konstruksi mutakhir, perpindahan energi hidrolik berhasil memecahkan persoalan mekanik tersebut dengan cara yang lebih sederhana dan efektif. Karena pemindahan energi fluida dapat dilakukan dengan selang fleksibel ke aktuator guna menggerakkan bagian Bagiannya. Kita dapat menemukan sistem aliran tenaga langsung pada excavator (mesin penggali tanah). Perangkat hidrolik mempunyai banyak keunggulan pada variasi yang tidak terbatas dari traksi dan kecepatan, yang dapat diterapkan pada transmisi hidrolik mesin konstruksi.

Pada pertanian hidrolik dimanfaatkan sebagai traktor dan mesin mesin pertanian yang dihubungkan dengan perangkat hidrolik. Bahkan sistem pengendalian yang rumit dari antena satelait bumi (missal satelit Palapa), yang dapat mengirim sinyal antar benua dan memerlukan tingkat kepresisisian yang tinggi saat digerakkan, diatur dan dikendalikan dengan hidrolik.Pada kapal perangkat hidrolik membantu banyak kegiatan misalnya desain, pengepasan kapal baik diatas maupun di bawah dek,  pengemudian dan tolakan buritan, pengosongan muatan, pengoperasian jaring-jaring pada kapal nelayan, perlindungan pantai dan kanal. Pada pertambangan peralatan hidrolik digunakan pada alat-alat pengangkat dan pengangkut pada mesin yang beroperasi di pertambangan, bor minyak .

Perawatan Mesin Hidrolik

Mesin hidrolik perlu dilakukan pengecekan secara rutin agar terus dapat digunakan secara maksimal dan juga dapat diketahui jika terdapat kerusakan. Jika terjadi kerusakan pada mesin akan mengganggu aktivitas produksi maupun distribusi. Jika terjadi kerusakan mesin, dapat dilakukan dengan pengelasan menggunakan kawat las EDZONA.

Recent Posts