Mengenal dan Maintenance Shaping Machine

Apa itu Shaping Machine?

Mengenal mesin sekrap (shaping machine) yang sering disebut pula dengan emsin ketam atau serut. mesin shaping machine ini sering digunakan untuk pekerjaan pada bidang yang rata, cembung cekung beralur atau yang lainnya, pada posisi tegak, mendatar ataupun miring. Shaping Machine merupakan suatu mesin perkakas dengan Ger utama lurus bolak-balik secara vertikal maupun horizontal.

Shaping Machine meruapakan salah satu mesin yang relatif sederhana. Biasanya digunakan dalam ruangan alat untuk mengerjakan benda kerja yang jumlahnya satu atau dua buah untuk protokol type. Pada sistem pehatnya yang digunakan sama dengan mesin bubut. Shaping machine yang biasa digunakan yaitu shaping horizontal. Selain itu, Shaping vertikal biasanya dinamakan mesin slotting/slotter.

Mengenal dan Maintenance Shaping MachinePerawatan merupakan aktivitas yang dilaksanakan untuk memelihara semua peralatan agar selalu dalam kondisi yang baik dan siap untuk dipaki serta mengurangi dari kerusakan yang mungkin terjadi baik yang terduga maupun tidak.

Perawatan berdasarkan kondisi mesin :

  1. Perawatan preventif/ pencegahan

Perawatan yang dilakukan terhadap mesin untuk mencegah tejadinya kerusakkan atau kemacetan pada saat mesin berjalan atau sedang di pakai. Tujuan dari perawatan preventif untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin komponenenya dan bahan yang telah habis masa pakai.

  1. Perwatan korektif/ pembetulan

Perwatan ini dilakukan pada mesin yang mengalami gangguan kerusakan baik kerusakan kecil maupun kerusakan sedang. Perwatan ini dilakukan saat mesin mati atau tidak berjalan. Tujuan dari perawatan korektif adalah memperbaiki atau membetulkan ataupun mengganti komponen yang rusak, lalu memperbaiki hingga mesin dapat digunakan kembali.

  1. Perwatan Berat / over houl

Perwatan over houl dilakukan terhadap mesin yang mengalami banyak kerusakan pda komponen utamanya.

  1. Perwatan terencana

Perwatan yang dilakukan secara berkala dan teratur. Serta melakukan perwatan pada komponen utamanya. seperti :

  • Mengecek roda gigi pengganti
  • Mengecek ulir penggerak/pengangkat
  • Mengganti oli bak roda gigi setelah pemakaian 6000 jam

Demikian adalah pembahasan Mengenal dan Maintenance Shaping Machine, sedangkan untuk perawatan dan perbaikannya adalah menggunakan kawat las EDZONA. Untuk konsultasi ataupun pemesanan bisa melalui email : info@kawatlasedzona.com | Telp (024)6747333

Recommended Posts