Kawat Las Perbaikan Pulley

Kawat Las Untuk Pulley

 

Tentang Pulley

Puli atau yang sering disebut pulley adalah suatu roda yang memiliki  rongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Pada umumnya pulley  digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Puli adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana yang berfungsi untuk memudahkan pemindahan benda. Cara kerja pesawat sederhana adalah melipat gandakan gaya atau mengubah arah gaya. Benda atau beban yang berat dapat dipindahkan dengan memberikan sedikit  gaya saja. Bilangan yang menyatakan pelipat gandaan hasil dari suatu pesawat sederhana terhadap gaya atau jarak perpindahan disebut keuntungan mekanis.

Jenis pulley berdasarkan materialnya terdiri dari : Cast iron pulley, Steel pulley, Wooden pulley, Paper pulley.  Sedangkan berdasarkan mekanisnya jenis Pulley terdiri dari :

  1. Pulley tunggal, Pulley yang posisinya tidak berubah. Keuntungan mekanis tau KM yaitu perbandingan antara beban yang mampu dengan diangkat gaya yang dikerjakan
  2. Pulley bebas, adalah puli yang posisinya selalu berubah. Dipasang pada tali yang bergantung sehingga mudah untuk dipindahkan. Digunakan untuk memudahkan dalam mengangkat dan memindahkan beban. Keuntungan mekanis, yaitu perbandingan antara beban yang mampu dengan diangkat gaya yang dikerjakan.
  3. Pulley majemuk, perpaduan antara pulley tetap dan pulley bebas yang dihubungkan dengan tali. KM atau keuntungan mekanis, yaitu perbandingan antara beban yang mampu dengan diangkat gaya yang dikerjakan.

Perawatan dan Perbaikan untuk Pulley

Pulley tentu banyak digunakan pada dunia industri di Indonesia. Pulley yang bagus dan dapat bekerja secara maksimal jika terus diberikan perawatan berkala dan perbaikan jika terdapat kerusakan-kerusakan pada puli. Jika tidak dilakukan perawatan ataupun perbaikan pada puli, maka dapat mengganggu aktivitas produksi dan menghambat berjalannya aktivitas industri. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh perusahaan karena akan berpengaruh pada ekonomi perusahaan. Maka solusi perbaikan dan perawatan atau mainetenance untuk puli adalah dengan pengelasan, misalnya untuk puli yang berbahan besi cor. Dan kawat las yang tepat adalah menggunakan kawat las merk EDZONA, yang sudah terbukti memiliki kualitas terbaik dan hasil samungan yang maskimal.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts