Kawat Las Mangaan Steel

Kawat Las Mangaan Steel

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas tentang baja dan paduannya. Salah satu paduan baja adalah denga mangan atau juga disebut manganese. Mangan ini termasuk juga logam berat dan sangat rapuh tetapi mudah teroksidasi dan logam dan ion mangan bersifat paramagnetic.  Sifat mangan adalah [1] Sifat Fisika : mangan jika dalam keadaan normal memiliki bentuk padat, massa jenis mangan pada suhu kamar yaitu sekitar 7,21 g/cm3, massa jenis cair pada titik lebur sekitar 5,95 g/cm3, titik lebur mangan sekitar 1519oC, titik didih mangan ada pada suhu 2061oC, kapasitas kalor pada suhu ruang adalah sekitar 26,32 J/mol.K. [2] Sifat Kimia jika reaksi dengan air, mngan bereaksi dengan air dapat berubah menjadi basa secara perlahan dan gas hidrogen akan dibebaskan, jika rekasi aksi dengan udara Mn3O4(s) atau Mn3N2(s), jika reaksi dengan halogen mangan bereaksi dengan halogen membentuk mangan (II) halida, selain bereaksi dengan flourin membentuk mangan (II) flourida, juga menghasilkan mangan (III) flourida [4] jika reaksi dengan asam logam mangan bereaksi dengan asam-asam encer secara cepat menghasilkan gas hidrogen.

Kawat Las Mangaan Steel

Kawat Las Mangaan atau kawat las baja mangan. Baja karbon polos dapat mengandung unsur mangan (Mn) sampai dengan 0,8%, yang sengaja diberika kedalam cairan untuk tujuan deoksidasi dan khususnya sebagai pengikat unsur belerang (S). Penambahan unsur mangan (Mn) pada baja paduan akan menambah kekuatan dan ketahanan panas baja paduan juga berpengaruh penampilan yang lebih bersih dan mengkilat.

Kawat Las Baja Mangan

Adalah kawat las Edzona 210, dengan spesifikasi :
C 0.6  Si 0.5
Mn 14  Cr 14
130 % Recovery
DC+/AC
Hardness : 250 HB – 450 HB, Hardness After Work
Diameter : 3,20 – 4,00
Kawat Las Edzona-210 adalah kawat las dengan kandungan Manganese diatas 14%. Tahan terhadap gesekan yang sangat kuat sekalipun, terhindar dari keausan akibat gesekan logam dengan logam atau logam dengan benda abrasif lainnya, tahan benturan tanpa lepas . Untuk perbaikan, penyambungan dan pelapisan benda-benda yang dirancang tahan gesekan. Cocok untuk pengelasan atau repair alat-alat berat, mesin pemecah batu, mesin pengaduk beton, mesin penghancur, pabrik kertas, pabrik gula tebu, pabrik semen, jawatan kereta api, pengelasan logam manganese dan kegunaan lain.

footer-banner

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts