Jenis Dari Kristal Logam

Jenis Dari Kristal Logam

Kristal Logam

Kristal Logam merupakan kumpulan atom-atom logam yang kemudian membentuk sebuah susunan yang teratur. Saat logam mengalami pembekuan dari bentuk cair ke bentuk padat, atom akan mengatur dirinya dalam sebuah baris-baris yang rapi pada suatu susunan yang disebut sebagai space lattice. Space lattice dari masing-masing kristal telah dapat ditentukan untuk masing-masing logam yang berbeda.

Atom

Atom adalah miniatur dari sistem solar yang mempunyai orbit di disekelilingnya. Inti atom tersebut terdiri dari proton yang memiliki muatan positif dan neutron yang tidak memiliki muatan atau netral. Sedangkan partikel merupakan sesuatu yang lebih kecil yaitu berupa elektron yang berevolusi dengan kecepatan tinggi disekitar inti. Pada tiap atom mempunyai orbit elektron yang disebut sebagai shell. Setiap shell akan terdiri dari beberapa elektron untuk setiap atom. Elektron pada suatu shell terluar disebut sebagai elektron valensi yang merupakan penentu sifat-sifat fisik dan juga kimia. Bila shell valensi pada suatu atom bebas mempunyai full komplemen elektron, maka akan dikatakan memiliki zero valensi. Tapi bilamempunyai lebih sedikit ataupun lebih banyak elektron maka akan dikatakan sebagai ion dan mempunyai muatan listrik.

Jenis Kristal Logam

Kristal logam terdiri dari beberapa jenis bentuk sedangkan sebuah atom besi tersusun pada sebuah kristal yang berbentuk kubus ruang, Yang dimaksud kubus ruang tersebut adalah suatu bentuk garis ruang yang titik potongnya ditempati oleh atom-atom besi. Secara umum Kristal Logam ada beberapa jenis yaitu :

  1. Kubus Pusat Ruang (Dalam). Jenis ini disebut sebagai Body Centered Cubic (BCC). Kristal Logam atau Ferro Kubus Pusat Ruang merupakan susunan atom-atom besi pada kondisi suhu di bawah 723oC, rusuk-rusuk yang ada di kubus ini sama panjang. Atom-atom yang ada terletak di setiap sudut kubus tersebut dan terdapat satu atom yang berada pada ruang sudut, sehingga jumlah atom pada jenis ini adalah 9 atom.
  2. Kubus Pusat Bidang (Muka). Untuk jenis ini sering disebut sebagai Face Centered Cubic (FCC). Kristal Logam atau Ferro Kubus Pusat Bidang merupakan peralihan dari Kubus Pusat Ruang yang berubah pada kondisi suhu 723oC yang dimana atom-atomnya akan bergerak akibat dari pemanasan yang akhirnya membentuk kristal baru dimana atom-atom yang ada tersebut berada pada setiapsudut kubus dan juga setiap pusat bidang dengan jumlah atom sebanyak 14 buah.
  3. Kubus Pusat Tetragona (Hexagonal). Kubus jenis ini disebut sebagai Body Centered Tetragonal (BCT). Kristal Logam atau Ferro Kubus Tetragonal merupakan Kubus Pusat Bidang yang akhirnya berubah karena diakibatkan oleh proses pendinginan yang cepat. Rusuk-rusuk yang terbentuk tidak sama panjang. Atom-atom terletak ada tiap sudut kubus dengan jumlah atom sebanyak 14 buah.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts