Gas Plasma

gas plasma

Gas plasma atau juga disebut gas orifice adalah untuk memudahkan penyiapan busur plasma dan menaikkan  efek peruncingan panas, gas yang digunakan untuk proses pengoperasian harus mempunyai kemampuan pendinginan yang tinggi. salah satu kandungan yang digunakan adalah nitrogen, oksigen atau udara. Jika Argon yang digunakan, hidrogen atau nitrogen salah satu yang digunakan atau keduanya sebagai gas campuran. Gas-gas tersebut dapat digunakan untuk pemotongan logam; namun gas plasma yang digunakan harus dipilih sesuai dengan jenis material dan ketebalan plat.

Gas Plasma dan Material Kawat Las

Material yang digunakan untuk kawat las adalah tungsten, sirkon atau hafnium. Sirkon atau hafnium digunakan untuk logam murni, tapi tungsten yang digunakan untuk dipadu 2 persen lanthanum, thorium atau lithium oksida. Bila udara atau oksigen yang sebagai gas plasma, maka sirkon atau hafnium yang memiliki titik leleh tinggilah yang akan digunakan, namun jika gas tersebut tidak mengandung oksigen, maka tungsten harus digunakan untuk kawat las. Kawat las logam hafnium mempunyai umur pakai yang panjang dibanding denfan logam sirkon

Metode Pemasokan Gas Plasma

Gas plasma dipasok dengan bentuk sistem aliran aksial yang gasnya mengalir secara paralel ke kawat las atau bisa dalam bentuk sistem aliran pusarn yang aliran gas berbentuk spiral. pada sistem yang aksial digunakan kawat las tungsten dengan ujung yang runcing, sementara itu busur timbul pada ujung kawat las, stabilitasnya dapat dipertahankan. Seperti umumnya kawat las yang runcing telah digunakan, sistem ini diterapkan untuk torch yang arusnya sampai dengan sekitar 250 Ampere. Untuk  sistem aliran yang berputar, menggunakan kawat las yang mempunyai ujung rata dan dengan hafnium atau sirkon. Pada kasus ini kawat las harus dipasang pada titik dimana busur ditimbulkan. dan dengan tipe aliran berputar, semua ini disiapkan juga sehingga busur dipancarkan dari pusat kawat las yang  aliran gas paling rendah. Hal ini untuk menjaga putaran dari gas dalam nosel dan dipertahankan pada pusat sumber busur plasma. Strukturnya juga diikuti dengan elektroda yang didinginkan secara efektif dengan cara penghantaran. Untuk pengoperasian pada arus yang besar, tetapi seluruh elektroda harus diganti bila telah aus.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts