Tentang Las Baja

Tentang Las Baja

Proses Pembuatan Baja

Dewasa ini, besi kasar diproduksi dengan menggunakan dapur bijih besi (blast furnace) yang berisi kokas pada lapisan paling bawah, kemudian batu kapur dan bijih besi. Kokas terbakar dan menghasilkan gas CO yang naik ke atas sambil mereduksi oksida besi. Besi yang telah tereduksi melebur dan terkumpul dibawah tanur menjadi besi kasar yang biasanya mengandung Karbon (C), Mangan (Mn), Silicon (Si), Nikel (Ni), Fosfor (P), dan Belerang (S). Kemudian leburan besi dipindahkan ke tungku lain (converter) dan diembuskan gas oksigen untuk mengurangi kandungan karbon. Untuk menghilangkan kembali kandungan oksigen dalam baja cair, ditambahkan Al, Si, Mn. Proses ini disebut dioksidasi. Setelah dioksidasi, baja cair dialirkan dalam mesin cetakan kontinu berupa slab atau dicor dalam cetakan berupa ingot. Slab dan ingot itu diproses dengan penempaan panas, rolling panas, penempaan dingin, perlakuan panas, pengerasan permukaan, dan lain-lain untuk dibentuk menjadi sebuah produk atau kerangka dasar dari sebuah produk. Baja merupakan paduan besi (Fe) dengan karbon (C), dimana kandungan karbon tidak lebih dari 2%.

Walaupun baja lebih sering digunakan, namun baja mempunyai kelemahan yaitu ketahanan terhadap korosinya rendah. Baja dapat juga dipadu, baik dua unsur atau lebih sehingga menghasilkan sifat lain. Hasil pemaduannya antara lain larutan padat atau solid solution (dapat memperbaiki sifat fisik atau kimia), senyawa (lebih keras dari larutan padat, dapat memperbaiki sifat mekanik)

Baja banyak digunakan karena baja mempunyai sifat mekanis lebih baik dari pada besi, sifat baja pada umumnya antara lain tangguh dan ulet, mudah ditempa, mudah diproses, Sifatnya dapat diubah dengan mengubah karbon, sifatnya dapat diubah dengan perlakuan panas, kadar karbon lebih rendah disbanding besi, banyak dipakai untuk berbagai bahan peralatan.

Pengelasan bahan Baja

Untuk kasus pengelasan baja, terdapat bahan kerja baja atau paduannya dengan berbagai jenis bentuknya. Maka pengelasan baja terbaik adalah memilih kawat las yang tepat, untuk memilih kawat las untuk baja, bisa cek di sini.

footer-banner

 

Recent Posts