Teknik Membuat Manik Posisi Datar

Dalam pengelasan SMAW terdapat beberapa teknik untuk membuat manik-manik, salah satunya adalah membuat manik-manik dengan posisi datar.

Teknik Membuat Manik Posisi Datar Dengan Ayunan

1. Persiapan

Sebagai langkah awal dalam proses pengelasan ini, lakukan persiapan dengan melaksanakan langkah-langkah adalah : Meletakkan logam dasar diatas meja kerja pada posisi yang tepat dan bersihkan  permukaannya. Kemudian atur arus pengelasannya dengan ukuran antara 160 & 170 A untuk pelat tebal 9 mm dan jangan lupa untuk memperhatikan posisi tubuh.

2. Penyalaan busur

Nyalakan busur api sekitar 10-20 mm didepan titik awal dan kembali ke posisi semula. Pengelasan manik-manik las [1] Elektroda harus dipegang dengan kemiringan 90 o  terhadap kanan kirinya logam dan 75 – 85 o  terhadap arah lasnya. [2] Gerakkan batang lasnya ke tepi kanan dan kirinya sambil berhenti sejenak dititik masing-masing tepi. [3] Lebar ayunan tidak boleh lebih dari 3 kali diameter inti [4] Gerakkan tangkai las dengan jarak yang tetap dengan cara  menggunakan seluruh tangan.

3. Menyambung manik-manik las

Untuk menyambung manik-manik las yang terputus karena elektrode habis, ikuti petunjuk berikut : Bersihkan kawah las, Nyalakan busur kurang lebih 20 mm didepan kawah las dan putar kembali ke kawah, kemudian buat endapan sampai hampir memenuhi kawah lalu maju.

4. Mengisi kawah las

Nyala dan matikan busur berulang-ulang melalui ujung elektrode, buatlah endapan sehingga mengisi kawah sama rata dengan manik-manik.

Pemilihan Elektroda

Tiga faktor untuk menjamin pengelasan yang bagus adalah desain yang tepat, material yang baik dan teknik yang baik adalah. Jika salah satu dari faktor ini tidak ada, maka hasil pengeasan yang memuaskan tidak dapat dicapai. Persiapan pengelasan yang harus dilakukan dengan kualitas yang dipersyaratkan adalah penting untuk dimengerti sifat-sifat dari tiap-tiap material las (elektrode las, kawat, fluks).  Pemilihan logam pengisi las berupa elektroda las ataupun filler metal electrode sebagai logam pengisi dalam proses pengelasan sangat berpengaruh dalam menentukan mutu hasil pengelasan, begitu juga fluks dan gas sebagai pelindung (shielding). Jika salah dalam pemilihan kawat las dan material lainnya akan menyebabkan kegagalan pengelasan. Untuk mendapatkan kawat las maintenance yang tepat, gunakan kawat las EDZONA.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts