Perbaikan Mesin Pengaduk Beton

pengaduk beton 3-vertMesin Pengaduk Beton

Mesin Pengaduk beton adalah mesin untuk melakukan mixing atau mengaduk beton.

Berdasarkan penggunaannya. Mesin ini dibagi menjadi dua jenis mesin, yaitu :

  • mesin aduk mobile, yang dapat dengan mudah dipindah-pindahkan ke manapun dan mempunyai kapasitas kecil bisanya disebut molen atau mixer
  • mesin aduk stasionet, yang mempunyai kapasitas besar (batching plant).

Mesin pengadukan beton jika berdasarkan tempat pengadukanya dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Pengadukan berada di tempat (site mix). Terdapat 2 metode yaitu dengan pencampuran manual (tenaga manusia mengunakan skope, cangkul) dan dilanjutkan yang kedua dengan mengunakan mesin molen.
  • Pengadukan Siap Tuang (Ready Mix). Merupakan mesin produksi dari sebuah pabrik pencampur (batching plan) yang kemudian diangkut dengan meggnakan truk molen. Sistem basah adalah jika sistem pencampuran bisa melalui alat batchin plan, kemudian campuran beton sesuaikan komposisi campuran beton yang dikehendaki dan dituangkan kedalam truk molen. Sedangkan sistem kering jika komponen campuran beton ditakar,  jika sudah sesuai dengan rencana komposisi beton kemudian ditung kedalam truk molen. Truk molen yang multifungsi sebagai pengangkut ke tujuan dan juga sebagai tempat pengadukan beton.

Meisn ini berdasarkan arah perputaran batch-nya,

  • berputar vertikal : pada umunya dipakai untuk pengerjaan di lapangan
  • berputar mendatar atau horizontal. biasanya digunakan di laboratorium.
  • berputar miring. : biasanya dipakai untuk pengerjaan di lapangan

Kualitas Mesin Pengaduk Beton

Kualitas mesin pengaduk beton sangat penting, mesin pengaduk beton harus produktif, memiliki sifat kohesi yang tinggi saat dalam kondisi belum mengeras, dan beton yang dihasilkan cukup kuat dan tahan lama.  Penggunaan mesin pengaduk beton juga penting karena campuran yang salah akan mempengaruhi kemudahan pelaksanaan maupun performa beton saat pemakaian.

Perbaikan Mesin Pengaduk Beton

Mesin pengaduk beton harus dalam kondisi yang bagus agar menghasilkan campuran beton yang bagus, juga produktif. Perbaikan mesin pengaduk beton perlu dilakukan misalnya untuk memperbaiki keausan, korosi ataupun mempertebal plat mesin. Untuk perbaikan mesin pengaduk beton, dapat dilakukan dengan pengelasan dan sebaiknya menggunakan kawat las khusus maintenance merk Edzona.

  • KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-210

    C 0.6  Si 0.5
    Mn 14  Cr 14
    130 % Recovery
    DC+/AC
    Hardness : 250 HB – 450 HB, Hardness After Work
    Diameter : 3,20 – 4,00
    Kawat las hardfacing lapisan keras dengan kandungan Manganese diatas 14% dan juga tahan terhadap gesekan yang sangat kuat sekalipun.  Cocok untuk pengelasan/repair alat-alat berat, mesin pemecah batu, mesin pengaduk beton, mesin penghancur, pabrik kertas, pabrik gula tebu, pabrik semen, jawatan kereta api, pengelasan logam manganese dan kegunaan lain.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts