Pengelasan untuk Material Besi Cor (Cast Iron)

Dasar proses pengelasan,pengelasan merupakan proses penyambungan sebuah material yang menggunakan panas atau tekanan atau keduanya, dengan atau tanpa logam dengan pengisi yang memiliki temperatur leleh yang hampir sama. Filosofi dari pengelasan adalah proses memperpendek jarak atom sehingga terbentuk ikatan, dengan kata lain pengelasan merupakan proses memposisikan atom-atom ke posisi semula sehingga kembali terikat satu sama lain.

Jenis Sambungan Hasil Pengelasan :

Ada beberapa jenis sabungan yang digunakan dalam pengelasan. Adapun jenis sambungan tersebut sebagai berikut :

  1. Sambuangan silang
  2. Sambungan T
  3. sambungan tumpul
  4. Sambungan sudut
  5. Sambungan sisi
  6. Sambungan dengan penguat
  7. Sambungan dengan tumpang

Besi Cor (Cast Iron)Pengelasan untuk Material Besi Cor

Besi cor/ cast iron adalah paduan besi karbon dengan kandungan C diatas 2% (pada umumnya sampai dengan 4 %). Perpaduan tersebut memiliki sifat mampu cor yang sangat baik namun memiliki elongasi yang relatif rendah. oleh karenanya proses pengerjaan bahan ini tidak dapat dilakukan melalui proses pembentukan, melainkan melalui proses pemotongan (pemesinan) maupun pengecoran.

dari warna patahannya dapat dibedakan menjadi 3 jenis besi cor yaitu Besi cor Putih yang terdiri dari struktur ledeburit (coran keras), struktur campuran antara perlit dengan ledeburit yang disebut Besi Cor Meliert dan struktur perlit dan ferit serta ledeburit masih terdapat sejumlah unsur karbon dalam bentuk koloni grafit yang disebut Besi Cor Kelabu

Aplikasi Kawat Las besi Cor (Cast Iron)

Kawat las maintenance besi cor Edzona memiliki berbagai type yang bisa dipilih untuk diaplikasikan pada pengelasan dalam rangka memperbaiki serta merawat alat/mesin, diantaranya : reparasi roda gigi, besi cor kontruksi mesin, perbaikan kran (valve), perbaikan pompa air, penyambungan besi cor dengan besi/baja, reparasi filler dan cover pass, reparasi egine block, cylinder head, mesin dengan getaran tinggi, manifold, berbagai jenis cor termasuk yang digalvanis, penyambungan antara besi cor dan stainless steel, build up body parts, roll cast iron, block mesin, silinder coup, house bearing, all part pump, parts textile, gear box, teeth parts, build up roll sakura, drum drawing, pump centrifugal, blower, clamp, part besi tuang ductille

Type dan spesifikasi  Kawat Las untuk Pengelasan Besi Cor (Cast Iron)

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-10 
AWS A5.15.E.NiFe
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 & 3,20 – 4,00
Hardness : 220 HB
C 2.0- Mn 2.5- Si 4.0- S 0.03- Cu 2.5- Ni 53- Fe Rest- Al 0.01
Untuk pengelasan berbagai jenis besi cor. Dapat menyambung secara sempurna antara besi cor dengan berbagai macam baja termasuk stainless steel, karena mengandung formula khusus pada coatingnya.

 

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-60
AWS A5.6.E.NiCu
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 & 3,20 – 4,00
Hardness : 165 HB
C 1.8- Mn 0.35- Si 0.62- Cu 30.5- Ni Rest- Fe 0.004- Al 0.009
kawat las cast iron khusus dengan inti nikel-tembaga yang sangat baik untuk pengelasan komponen yang terbuat dari besi cor yang mengandung tembaga, bisa dilakukan tanpa pemanasan awal atau dengan pemanasan awal (sampai 200 C).

 

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-90 
AWS A5.15.E.NiCl
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 & 3,20 – 4,00
Hardness : 175 HB
C 0.5- Mn 0.25- Si 0.75 – Ni 96.7 – Fe 1.8 – Al 0.15
Kawat las Cast iron ini dapat digunakan tanpa pemanasan awal, dengan daya tutup yang tinggi, sehingga amat ekonomis tahan terhadap ampere yang tinggi tanpa rusak atau terbakar serta tidak akan terjadi undercut.

 

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-10 FN 
AWS A5.15.E.NiFe
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 & 3,20 – 4,00
Hardness : 180 HB
C 2.0- Mn 1.0- Si 2.5- S 0.03- Cu 2.5- Ni 60- Fe Rest- Al 0.03
Untuk semua jenis besi tuang malleable kandungan Ni Fe balance yang masih dapat dimachining, keistimewaan dapat untuk penyambungan antara besi tuang dengan stainless steel, baja, besi.

 

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-50 HR
AWS E St
AC/DC +/-
Diameter : 2,5 & 3,20 – 4,00
Hardness : 300 HB
C 2.2- Mn 0.35- Si 0.45- S 0.006- Fe Rest
untuk besi tuang yang terkontaminasi, berkomposisi bebas Ni, penetrasi baik serta hasil depositenya tidak korosi, tahan benturan dan tahan gesekan, keistimewaan dapat di tumpuk hasil lasnya lebih dari 3 lapis tidak retak walaupun tanpa under layer.

Recommended Posts