Pengelasan untuk Lapisan Kasar 

Pengelasan Lapisan Kasar 

Pengelasan, menurut DIN adalah suatu ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. dari definisi tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan enrgi panas. Teknik las penebalan (hardfacing) merupakan pengelasan untuk menambahan material permukaan atau lainnya, biasanya digunakan untuk komponen-komponen yang aus atau keropos. Pengelasan dilakukan umumnya untuk alat berat atau peralatan tambang, perkapalan misalnya : Ripper Teeth, Dozer Blades, Grade Blades, Excavator, Bull dozer, Dump truck dan lainnya. Las penebalan (hardfacing) dilakukan pengelasan dengan elektroda atau kawat las yang dipilih sesuai dengan material yang akan di las.

Pengelasan untuk Lapisan KasarCara Kerja Teknik Las Penebalan

  1. Letakkan bidang las dan melakukan las alur pertama, dengan sudut arah memanjang dari batang elektroda lebih kecil dari 90 derajat dan sudut arah melintangnya 90 derajat.
  2. Melakukan las alur yang pertama. Kemudian melanjutkan pengelasan alur yang kedua dengan bertumpang pada alaur las pertama. Peletakan las setiap alur las harus berimpitan dengan alur las yang sudah ada, dengan tujuan agar hasil pengelasan tambahan dapat dihasilkan las yang baik dan merata.
  3. Selanjutnya, setiap alur yang sudah ada harus dicairkan dengan merubah sudut arah melintang dari batang elektroda atau kawat las, dan juga tergantung dengan tebal alur lasnya.

KAWAT LAS LAPISAN KERAS (HARDFACING)

Kawat Las Hardfacing atau Lapisan Keras merupakan Kawat Las yang ditujukan untuk perlindungan aus pada bagian-bagian mesin dengan metode pelapisan untuk mencegah terjadinya aus dan juga penambahan lapisan untuk perbaikan yang diakibatkan oleh aus pada pisau pemotong, pisau pencacah, peralatan pemukul, peralatan penghancur peralatan penggiling, peralatan pengeruk, peralatan pengepress, baik untuk aplikasi pada logam mild steel yang dibentuk maupun baja alloys seperti baja perkakas, baja high carbon, baja mangan, juga pada baja yang mengandung chromium maupun mengandung tungsten yang tinggi. Macam type kawat las hardfacing :

KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-210

E7-UM-200KP

DC+/AC

Hardness : 250/450 HB,Hardness After Work

Diameter : 3,20 – 4,00

C1.2- Mn 14- Ni 4.0- Cr 4.5- Si 0.7- Fe Bal- P 0.01

Kawat las hardfacing dengan kandungan Manganese diatas 14% dan juga tahan terhadap gesekan yang sangat kuat sekalipun.  Cocok untuk pengelasan/repair alat-alat berat, mesin pemecah batu, mesin pengaduk beton, mesin penghancur, pabrik kertas, pabrik gula tebu, pabrik semen, jawatan kereta api, pengelasan logam manganese dan kegunaan lain.

KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-220

E1-UM-300

About 3% Alloy content

DC+/AC

Hardness : 220/320 HB, Hardness After Work

Diameter : 3,20 – 4,00

C0.1- Mn 0.9- Cr 3.2- Si 0.6- Fe Bal

Kawat las pelapis keras yang cocok untuk pengelasan Characteristic Baja hard Surfacing yang masih dapat di machining, dapat sebagai Under layer Hard Surfacing, tahan gesekan sedang, keistimewaannya dapat digunakan untuk penyambungan yang bersifat Hard Facing. dapat diaplikasikan pada parts industri berat, sprocets sheaves, crane fly wheel, dumpers, roll gilingan, parts cams, dll.

KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-260

E6-UM-60

DC+/AC

Hardness : 57/60 HRC, Hardness After Work

Diameter : 3,20 – 4,00

C0.5- Mn 0.3- Ni 0.4- Cr 7- Si 0.4- Fe Bal- V 0.5

kawat las lapisan keras untuk tahanan terhadap benturan dan tetap kuat menahan gesekan, keistimewaan akan mengeras otomatis setelah mendapat benturan. Hasil las dengan susunan martensit sehingga hasil las cukup keras namun tetap ulet. Cocok untuk pengelasan/repair alat berat, pelapisan screw conveyor, mesin penggiling, pemecah batu, cane crusher pabrik gula, pengolah tepung, pisau penghancur plastic dll.

KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-270

E10-UM-60

120 % Recovery

DC+/AC

Hardness : 58/63 HRC, Hardness After Work

Diameter : 3,20 – 4,00

C 4.3- Mn 2.5- Cr 35- Si 1.7- Fe Bal 0.014

Kawat las serbaguna untuk lapisan keras, tahan benturan tetapi juga tahan terhadap gesekan dan temperatur tinggi, juga mengandung unsur chromium yang membuat hasil las keras tetapi ulet dan tajam. Cocok untuk pengelasan dan repair pisau pemotong besi, pelapis roll pabrik kawat/paku, pisau alat berat, pelapis matras (dies) penekuk baja, pisau tebu pabrik gula, mesin penghancur, dll.

KAWAT LAS HARDFACING EDZONA-290

E10-UM-60

DC+/AC

Hardness : 58/72 HRC, hardness After Work

Diameter : 3,20 – 4,00

C 4.5- Mn 2- Cr 24- Si 0.3- Fe Bal-V 1- W 2

kawat las untuk pelapis dan membentuk kembali bagian yang aus depositenya bersifat tahan gesek dan tahan terhadap temperatur tinggi serta memiliki ketahanan baik terhadap kimia. Cocok untuk Parts Crusher kimia, Pisau tebu, Pengolahan pakan ternak, Parts pertambangan, Bucket, Crusher, Worm Screw, Impact Hammer, Pengaduk Mixing, Blade, Hammer Mills, Stone Crusher, Parts Pengeboran, Maxalator, Parts Pengeruk dll.

KAWAT LAS HARDFACING EDZOTRODE

E10-UM-60

Hardness : 53/62 HRC, Hardness After Work

C 4.4- Mn 2.3- Ni 2.9- Cr 27.8-Fe Bal

kawat las untuk pengelasan atau pengasaran. Characteristic Cast Steel, yang tahan gesek anti slip, tahan kimia dan daya sembur kuat.

Recommended Posts