Pengaruh Polaritas Pada Las TIG

Pengaruh Polaritas Pada Las TIG (1)

Pada pengelasan, polaritas lurus elektron akan bergerak dari kawat las dan menumbuk logam induk dengan kecepatan tinggi sehingga dapat berakibat terjadinya penetrasi yang dalam. Karena pada kawat las tidak terjadi tumbukan maka secara relatif maka  suhu kawat las tidak terlalu tinggi, sehingga dengan polaritas ini dapat digunakan arus yang besar. Dan sebaliknya dalam polaritas balik kawat las akan menjadi panas sekali, mengakibatkan arus listrik yang dapat dialirkan menjadi rendah. Sedangkan ukuran elektoda yang sama dalam polaritas balik kira-kira hanya 1 per 10 arus polaritas lurus yang dapat dialirkan.

Kemudian jika arus terlalu besar maka berakibat ujung kawat las juga akan ikut mencair dan akan  merubah komposisi logam cair yang dihasilkan dengan polaritas balik penetrasi ke dalam logam induk menjadi dangkal dan lebar. Selain itu terjadi juga proses inosasi pada gas argon yang menyelubunginya dan mengakibatkan terbentuk ion-ion Ar positif, yang menumbuk logam dasar dan dapat melepaskan lapisan oksida dipermukaannya. Peristiwa ini dinamakan pembersihan karena sifatnya yang dapat membersikan.

Pengaruh Polaritas Pada Las TIG (2)

Pada umunya arus searah dengan polaritas lurus dipakai untuk pengelasan dipakai untuk pengelasan baja, dan untuk aluminium karena permukaannya selalu dilapisi dengan oksida yang mempunyai titik cair yang tinggi, maka sebaiknya memakai arus bolak balik biasa yang ditambah dengan arus bolak balik frekuensi tinggi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa las TIG dapat dilakukan pengelasan dengan tangan dan pengelasan otomatis.

Kawat Las TIG

Memiliih kawat Las TIG yang tepat adalah hal penting untuk kelancaran proses pengelasan, untuk mendapatlan hasil las yang bagus. Kawat las ARGON EDZONA mempunyai banyak type yang bisa diaplikasikan untuk pengelasan ferro dan non ferro terutama baja, tembaga, kuningan, stainless steel dan paduan nikel, Besi Siku, Stamping, Container, Baja-baja Serambi Setasion, Baja Lembaran pipa-pipa Baja, Textile, Food industri, As Baja, as Pump, penyambungan parts Baja, Chasis, Dasar-dasar Mesin, Frame, Casinet, Bracket, Penyambungan Saw Blade, Parts Industri Kimia, Hydroulic, Per/Spring, penyambungan semua jenis baja termasuk Baja Treatment, Gear Box, Saft,  Farmasi, House Gear, Piston, Helical Gear, termasuk penyambungan Baja dengan Besi atau Stainless steel dll.

Pelajari detail dari produk kami, Anda bisa menghubungi kami melalui email kami di info@kawatlasedzona.com. Kami akan segera memberikan masukan dan konsultasi untuk anda secara gratis.

footer-banner

Recommended Posts