Mengenal Flux Cored Arc Welding

Mengenal Flux Cored Arc Welding

Pengelasan tentang Flux-Cored Arc Welding  telah diperkenalkan sejak tahun 1950-an. Hal itu adalah sebuah proses yang sangat erat kaitannya dengan Metal Inert Gas Welding. Kedua proses tersebut terlihat hampir mirip serta menggunakan peralatan yang hampir sama atau mengalirkan listrik pada kawat secara terus-menerus dan keduanya MIGW maupun FCAW sama-sama menggunakan kekuatan yang sama. Meskipun begitu Flux-Cored Arc Welding biasanya menggunakan gas pelindung yang mirip dengan proses MIGW. Namun, Flux-Cored Arc Welding juga dapat dihadirkan tanpa pelindung gas. Selain itu, jenis pengelasan ini adalah proses yang jauh lebih produktif daripada pengelasan MIG. Kenyataannya, FCAW paling produktif dari proses pengelasan secara manual.

Bagaimana Flux-Cored Arc Welding Bekerja

Selama proses Flux-Cored Arc Welding, sebuah busur listrik digunakan untuk menyatukan elektroda logam yang di isi terus menerus dengan bahan dasar. (Catatan: Metode pengelasan MIG menggunakan elektroda logam padat, sedangkan, proses FCAW menggunakan elektroda tabung berongga yang diisi dengan arus.) Pengisian arus logam elektroda kawat otomatis melalui pusat pistol menggunakan peralatan yang sama jenisnya dengan yang digunakan dalam Metal Inert Gas Welding.

 Penggunaan perisai gas dipasok oleh kolam las perlindungan meriam dari oksidasi selama proses pengelasan. Arus  yang berada di dalam elektroda membentuk terak atau ampas bijih (menolak peleburan) yang menutupi dan melindungi las dari atmosfer. Perisai yang disediakan oleh arus memungkinkan prosedur pengelasan yang akan lebih mudah dilaksanakan di luar ruangan, bahkan didalam angin.

Kesesuaian Flux-Cored Arc Welding

Flux-Cored Arc Welding adalah metode pengelasan yang sangat fleksibel. Jenis pengelasannya cocok untuk semua posisi pengelasan dengan logam pengisi yang tepat dan komposisi arusnya. Tingkat deposisi FCAW yang tinggi berpengaruh terhadap produktivitas dari proses ini, yang menghasilkan berkualitas dan penampilan hasil las yang sangat menarik. Hal ini sering digunakan untuk pengelasan bagian yang lebih tebal dan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan ketebalan yang bagus pada kedua sisinya dari setiap inchinya.

Bahan terbaik yang yang digunakan pada Flux-Cored Arc Welding adalah baja karbon, baja tahan karat, dan baja paduan rendah. Sayangnya, sebagian besar logam non-belerang, termasuk aluminium, tidak dapat dilas dengan metode FCAW.

Karena kecepatan pengelasan yang tinggi dan kemampuan yang akan dilakukan di luar ruangan, bahkan dalam kondisi berangin, Flux-Cored Arc Welding sering digunakan dalam industri konstruksi.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts