Las Ikat

Las Ikat

Pada dunia pengelasan, terdapat las ikat. Las ikat digunakan untuk membuat las sementara pada benda kerja, yang secara sementara bertugas menahan benda kerja agar tidak bergeser sebelum pengelasan dilakukan utama dilakukan.  Las ikat terdiri atas peletakan rigi-rigi las pendek dan dengan masukan panas rendah. Jika terjadi adanya cacat cacat las, misalnya  kurang penembusan, ada lubang cacing, ada retak dan ada terak terperangkap, maka lebih sering terjadi pada las ikat dari pada pengelasan utama. Hal ini karena tujuan las ikat (sebagai penahan sementara), dan las ikat sering tidak dikerjakan dengan serius. Bagaimanapun juga, pada pengerjaan las ikat memerlukan tingkat ketrampilan yang sama dengan pengelasan utama.   Hal hal yang harus diperhatikan pada pelaksanaan pengelasan ikat adalah sebagai berikut :

  1. Pada las ikat tidak boleh dibuat pada bagian ujung, bagian sudut atau bagian penguatan penting dimana terjadi konsentrasi tegangan, seperti ditunjukkan pada gambar di atas.
  2. Pada umumnya rigi-rigi las ikat harus pendek seperti titik pada lembaran yang dilas, dan dengan panjang sekitar 35 mm pada plat atau batangan logam. Sedangkan untuk baja kuat tarik tinggi (high tensile steel) atau plat khusus dengan kemampuan kekerasan yang tinggi, maka rigi-rigi las ikat tidak boleh lebih pendek dari 50 mm.
  3. Sama seperti pada pengelasan utama, las ikat juga harus menggunakan material las yang sesuai dengan material logam induk.
  4. Pada las ikat pada batangan logam atau baja khusus dan las ikat pada suhu udara dingin memerlukan pemanasan awal. Suhu pemanasan awal harus 20 derajar C sampai 30 derajat C lebih tinggi dari pada suhu pemanasan awal pada pengelasan utama.
  5. Bila terjadi retak pada las ikat, atau jika bagian dengan penguatan penting harus dilas ikat, maka logam las ikat harus dibuang sebelum pengelasan utama.
  6. Pelaksanaa las ikat harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menyebabkan cacat las, seperti terak yang terperangkap.

Untuk Pemesanan/ Penawaran harga bisa email : info@kawatlasedzona.com | Telp : (024)674 7333 | Konsultasi ??? GRATIS

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts