Kawat Las yang Baik

ThinkKawat Las yang baik. Pengelasan menggunakan las busur listrik pasti memerlukan kawat las atau elektroda yang terdiri dari suatu inti. Inti tersebut terbuat dari suatu logam di lapisi oleh lapisan yang terbuat dari campuran zat kimia, selain itu kawat las atau elektroda berfungsi sebagai pembangkit, kawat las ini juga sebagai bahan tambah.

Elektroda atau kawat las memiliki dua jenis bagian yaitu bagian yang bersalut (fluks) dan tidak bersalut yang merupakan pangkal berguna untuk menjepitkan tang las. Fungsi fluks atau lapisan kawat las dalam las adalah melindungi logam cair dari lingkungan udara menghasilkan gas pelindung, untuk menstabilkan busur, dan sumber unsur paduan.

Pemilihan kawat las pada pengelasan harus sangat diperhatikan apabila kekuatan las diharuskan sama dengan kekuatan material. Diameter kawat las juga harus disesuaikan dengan jenis bahan dan arus yang di gunakan dalam pengelasan.

 

Faktor Kawat Las yang Baik

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih kawat las adalahkawat las yang baik

  • Komposisi kawat las aterial (base metal)
  • Bentuk desain sambungan yang diinginkan
  • Arus las, AC atau DC polaritas EP/EN
  • Posisi pengelasan
  • Persyaratan penetrasi, head input
  • Biaya operasional
  • Juru las (kualifikasi juru las) untuk spesialis proses

Untuk memilih kawat las yang baik, kualitas kawat las adalah hal utama. Dari berbagai merk kawat las, kawat las Edzona adalah kawat las dengan bahan material yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Kawat las edzona telah digunakan oleh berbagai industri. Karena kesesuaian kawat las dengan material kerja yang akan disambung, kawat Las Edzona memiliki banyak tipe yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan pengelasan. Selain itu, kawat las Edzona memiliki ukuran kawat las yang lengkap dan kalisifikasi standar.

 

Recommended Posts