KAWAT LAS UNTUK  TANGKI PENYIMAPANAN

Kawat Las Untuk Tangki Penyimpanan Tangki merupakan alat penyimapanan cairan, misalnya bakan bakar, minyak, dll. Pemeliharaan tangki penyimpanan dalam industri memerlukan peralatan yang baik agar proses pengolahan yang terjadi juga akan menghasilkan produk yang baik. Serta untuk menjaga dan menjamin keandalan operasi tangki maka harus dilakukan pemeliharaan dan pemeriksaan berdasarkan kaidah teknis yang berlaku dan memperhatikan aspek keekonomiannya.

Pemeriksaan dan Pemeliharaan Tangki

Pemeriksaan dan pemeliharaan secara umum terdiri dari kegiatan terjadwal dan tidak terjadwal, berikut penjelasannya masing-masing.

Pemeliharaan terjadwal

Pemeliharaan dan pemeriksaan terjadwal bisa didasarkan dari sebuah prinsip pemeriksaan, yaitu berdasarkan waktu atau pemeriksaan berdasarkan resiko. Pemeriksaaan terdawal harus dibuat berdasarkan standar yang berlaku dan sekurang-kurangnya meliputi:

  • Tipe pemeriksassn dan perawatan
  • Bagian tangki yang harus diperiksa dan diperbaiki
  • Metode dan cakupan pemeriksaan
  • Periode pemeriksaan dan perawatan

 Pemeriksaan dan pemeliharaan tidak terjadwal

Proses pemeriksaan biasanya dilakukan sebagai reaksi dari suatu kejadian yang menimbulkan gangguan pada operasi tangki minyak bumi. Cakupan metode pemeriksaan dan pemeliharaan disesuaikan dengan tingkat dan jenis kerusakan yang terjadi. Bila diperlukan, untuk dapat mengetahui serta menghindari kegiatan tau hambatan yang sejenis, dengan dilakukan analisis yang lebih detai dan mendalam dalam mengatasi faktor serta penyebab kejadian.

Kontrol Korosi Tangki

Korosi pada tangki minyak baik karena faktor internal maupun eksternal harus dikendalikan untuk mencegah pengurangan ketebalan dinding, lantai dan atap tangki yang akan menyebabkan berkurangnya kemampuan penyimpanan , kegagalan operasi, berkurangnya umur tangki. Proses pengendalian korosi meliputi:

  • melakukan identifikasi sumber-sumber korosi.
  • indentifikasi keperluan dan metode pencegahan dan pemeriksaan korosi
  • hasil evaluasi
  • modifikasi berkala pada bagian korosi
  • dokumentasi pelaksaan penganggulangan korosi

Perbaikan Tangki

Dalam melakukan proses perbaikan tangki, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan, yaitu : standar yang digunakan, data yang aktual dan terkini, adanya prosedur isolasi dan pengosongan, adanya prosedur perbaikan dan pengembalian mutu, adanya prosedur commisioning, adanya dokumentasi dan pelaporan.

Untuk perbaikan tangki, salah satu caranya adalah dengan pengelasan menggunakan Kawat Las EDZONA yang bisa pemakaiannya khusus untuk maintenance ataupun perbaikan, termasuk pada elektroda untuk tangki minyak. Untuk pilihan elektroda perbaikan tangki minya, bisa dilihat pada menu kawat las web ini.

Recommended Posts