Kawat Las Perbaikan Cylinder Head

Kawat Las Perbaikan Cylinder Head

CYLINDER HEAD

Cylinder Head (Silinder Kop) adalah salah satu bagian pada mobil yang posisinya berada paling atas yang terbuat dari besi atau aluminium. Di dalam silinder kop terdapat beberapa komponen mesin mobil didalamnya yaitu timelar, noken as, klep dan pernya. Pada pemasangannya, silinder kop dibaut sekuat mungkin dengan tekanan tertentu dan dilapisi dengan gasket untuk packingnya.

KERUSAKAN CYLINDER HEAD

Cylinder Head pada aplikasinya akan menerima beban yang cukup berat. Beban utamanya adalah menahan tekanan kompresi. Sehingga dalam jangka waktu tertentu akan terjadi beberapa kerusakan pada bagian ini. Kerusakan tersebut antara lain adalah :

– Packing Cylinder head rusak sehingga akan mengakibatkan kompresi bocor dan mesin menjadi pincang, kerusakan bisa terjadi pada hubungan antara 2 cylinder atau pada hubungan oli dan air, yang mengakibatkan mesin menjadi pincang dan oli akan berubah warna menjadi seperti susu juga air radiator menjadi berminyak.

– Cylinder head retak biasanya terjadi pada mesin diesel, keretakan pada umumnya terjadi karena over heat, yaitu mesin terlalu panas yang diakibatkan muatan yang berlebihan atau sistem pendinginan yang rusak karena kebocoran salahsatunya. Keretakan juga sering disebabkan karena melepaskan thermosat, yaitu saat mesin sedang panas bukan mencari penyebab panas tetapi memilih melepaskan. Untuk kasus yang sederhana, keretakan ini bisa diperbaiki dengan las atau dikeling.

AKIBAT KERUSAKAN CYLINDER HEAD

Jika cylinder head telah retak, maka mesin menjadi panas dan air diradiator menjadi berminyak. Selain itu bila setelan klepnya terlalu rapat mengakibatkan permukaan klep bisa jadi terbakar, sehingga memunculkan gejala ketika hidup akan menimbulkan letupan ketupan.

TIPS PERBAIKAN CYLINDER HEAD

Untuk memperbaiki cylinder head, harus diturunkan dulu kemudian di skur klep dan dudukan klepnya. Permukaan harus bersih dan licin sampai terlihat mengkilap. Cara untuk skur klep adalah dengan cara sambil mengetuk dan memutar alat tersebut menggunakan kedua tangan. Skur klep yang benar bisa menjadikan masa pakai mesin akan menjadi lebih lama. Biasanya beberapa orang suka menggunakan mesin bor, hal tersebut cukup baik untuk permulaan saja namun jika terlalu lama bisa jadi akan merubah sudut dudukan klepnya.

PENGELASAN PADA CYLINDER HEAD

Untuk mengatasi Cylinder Head yang retak bisa ditangani dengan pengelasan, dengan pengelasan yang tepat makan akan membuat cylinder head mampu berfungsi secara maksimal.

KAWAT LAS PERBAIKAN CYLINDER HEAD

Kawat las EDZONA menyediakan beberapa item yang digunakan dalam peraikan cylinder cops, yaitu :

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-60

AWS E Ni Cu-B
AC/DC +/-
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Hardness : 165 HB
kawat las cast iron khusus dengan inti nikel-tembaga yang sangat baik untuk pengelasan komponen yang terbuat dari besi cor yang mengandung tembaga, bisa dilakukan tanpa pemanasan awal atau dengan pemanasan awal (sampai 200 C).

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-90

AWS E Ni Ni-Cl
AC/DC +/-
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Hardness : 175 HB
Dapat ini digunakan tanpa pemanasan awal, dengan daya tutup yang tinggi, sehingga amat ekonomis tahan terhadap ampere yang tinggi tanpa rusak atau terbakar serta tidak akan terjadi undercut.

KAWAT LAS CAST IRON EDZONA-10 FN

AWS E Ni Ni Fe-Cl
AC/DC +/-
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Hardness : 180 HB
Untuk semua jenis besi tuang malleable kandungan Ni Fe balance yang masih dapat dimachining, keistimewaan dapat untuk penyambungan antara besi tuang dengan stainless steel, baja, besi.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts