KAWAT LAS PERBAIKAN BOILER

BOILER (KETEL UAP)

Boiler merupakan sebuah bejana tertutup yang panas pembakarannya dialirkan ke air hingga terbentuk air panas dan uap, yang kemudian pada tekanan tertentu dapat digunakan untuk mengalirkan panas pada suatu proses dengan memanfaatkan energi uap, jadi saat air dididihkan hingga menjadi uap, maka akan menghasilkan tenaga yang cukup besar.

Kawat Las Perbaikan Boiler

TIPE PIPA BOILER

  1. Boiler Pipa Air. Boiler pipa air mempunyai proses yaitu air berada didalam pipa sedangkan diluar pipa dikelilingi oleh api. Cara kerja dari Boiler pipa air yaitu proses pengapiannya terjadi diluar pipa, lalu panas yang telah dihasilkan akan memanaskan pipa yang diisi air yang sebelumnya air tersebut telah dikondisikan pada keadaan tertentu terlebih dahulu dengan melalui economizer, kemudian uap yang sudah dihasilkan terlebih dahulu tersebut akan dikumpulkan didalam suatu steam-drum, hingga tekanan dan temperaturnya sesuai, kemudian melewati tahap secondary superheater dan primary superheater setelah itu baru uap dilepaskan ke pipa utama distribusi. Pada pipa air, air yang dialirkan harus dikondisikan pada mineral atau juga kandungan lain yang terlarut dalam air tersebut. Pada Boiler pipa air akan menghasilkan kapasitas serta tekanan uap yang cukup tinggi.
  1. Boiler pipa api. Boiler pipa api mempunyai proses yaitu api berada didalam pipa sedangkan disekeliling luar pipa diisi air. Cara kerja dari Boiler pipa api yaitu proses pengapiannya terjadi didalam pipa, lalu panas yang dihasilkan akan dihantarkan langsung kedalam boiler yang telah berisi air, ukuran dan konstruksi boiler akan mempengaruhi kapasitas dan juga tekanan yang akan dihasilkan oleh boiler tersebut. Pada Boiler pipa api akan menghasilkan kapasitas serta tekanan uap yang rendah.

TIPE BOILER BERDASAR TEKANAN

  1. Low Pressure. Merupakan Boiler dengan tekanan rendah, penanganannya tidak terlalu rumit, tekanan yang dihasilkan rendah dan tidak mampu membangkitkan listrik namun area tidak memakan tempat dan biaya konstruksinya tidak akan lebih mahal dibandingkan dengan high pressure boiler.
  1. High Pressure. Merupakan Boiler yang dimana tekanan yang dihasilkan cukup tinggi sampai mampu membangkitkan listrik kemudian sisanya juga dapat didaur ulang untuk bisa membantu mengoperasikan proses industri, karena tekanannya yang cukup tinggi maka penanganannya sangat perlu diperhatikan pada aspek keselamatan.

BAGIAN UTAMA BOILER

Pada umumnya boiler terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut : Furnance (Tungku Pengapian), Steam Drum (Penampung air panas), Superheater (Pengering Steam), Air Heater (Pemanas udara),  Dust Collector (Pengumpul abu), Pengatur pembuangan gas bekas/asap, Safety Valve (Katup pengaman), Sight Glass (Gelas Penduga), Pembuangan Air Ketel

KERUSAKAN BOILER

Pada pemakaian boiler dengan intensitas tinggi akan mengakibatkan beberapa kerusakan berupa keretakan sehingga akan mengganggu proses produksi yang sedang berjalan. Untuk memastikan perbaikan yang maksimal pada Boiler sehingga tidak menganggu proses produksi maka sebaiknay digunakan Kawat Las dengan kualitas terbaik EDZONA.

PERBAIKAN BOILER

EDZONA menyediakan berbagai kebutuhan Kawat Las Maintenance khususnya untuk Boiler. Kami memberikan pilihan yang beragam untuk disesuaikan dengan jenis bahan Boiler yang digunakan di Pabrik Anda.

KAWAT LAS PERBAIKAN BOILER

KAWAT LAS STAINLESS STEEL EDZONA-110

AWS : E 307 – 16
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
DC+/AC
C 0.1 Cr 18.5
Ni 8.5 Mn 6.0
kawat las yang tahan terhadap panas extra tinggi. 1100C-1200C adalah temperatur kritis untuk beberapa jenis baja, tetapi EDZONA-110 tahan pada temperatur ini tanpa ada tanda-tanda rusak/karbonasi. Deposit las sangat halus dengan penetrasi yangd alam. Sangat sesuai dengan problem steel, terutama pada cast steel juga cast iron dengan kandungan karbon rendah.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts