Kawat Las Pengeboran

Kawat Las Pengeboran 2

Pengeboran adalah kegiatan melakukan bor ke dalam tanam reservoir untuk memperoleh sumber daya gas bumi, minyak, air, ataupun deposit mineral bawah tanah, biasanya disebut juga dengan Rig Pengeboran. Istilah “rig” pada pengeboran adalah untuk kumpulan peralatan melakukan aktivitas pengeboran pada permukaan kerak bumi untuk mengambil contoh minyak, air, atau mineral. Rig pengeboran tidak hanya untuk identifikasi sifat geologis dari reservoir tetapi juga untuk membuat lubang yang memungkinkan pengambilan kandungan minyak atau gas bumi dari reservoir.

Jenis Rig Pengeboran

RIG pengeboran berdasarkan jenis daerah dapat dibagi menjadi, : [1] Rig Rawa : biasanya juga disebut dengan “Swamp Barge”. Rig ini sama dengan untuk kelengkapan alat pengeboran darat, hanya saja menara dan sistem pengeboran ditempatkan di atas Ponton. Ponton berungsi sebagai dudukan di dasar rawa saat aktivitas pengeboran berlangsung. Rig ini biasanya beroperasi di perairan dengan kedalaman sekitar 5 M. [2] RIG Pengeboran Darat : adalah utuk pengeboran di area darat dengan bentuk paling sederhana, terdiri dari menara dan struktur penopang. [3] Jack Up Rig : adalah satu unit alat pengeboran dengan kaki yang panjang yang dapat naik dan turun untuk menopang struktur utama. Jack Up RIG biasa digunakan untuk daerah dengan kedalaman kurang lebih 100 M [4] Drill Ship : adalag semua peralatan untuk pengeboran dipasang pada kapal yang digunakan untuk mengebor laut yang sangat dalam. [5] Tender RIG : adalah sistem pengeboran dipasang pada platform. ¬†Terdapat tender RIG yang digunakan untuk membantu operasi pengeboran misalnya pengangkatan pipa, strultur dan lain sebagainya. Tender RIG akan menempel di platform saat operasi pengeboran berlangsung. [6] ¬†Semisubmersible RIG : Sesuai namanya, RIG semisub adalah obyek terapung yang dipasang alat pengeboran. Biasanya RIG Peneboran ini digunakan untuk mengebor daerah laut dalam (lebih dari 100 M).

Kawat Las Pengeboran

Dalam proses aktivitas pengeboran, mesin bor adalah salah satu hal penting untuk kelancaran dan hasil pengeboran maupun identifikasinya. Sehingga mesin bor harus sealu dijaga performanya, baik dengan perawatan umum, perwatan khusus, baik saat perbaikan. Pemilihan materi untuk perawatan dan perbaikan juga tak kalah penting, untuk perbaikan mesin dianjurkan menggunakan kawat las EDZONA, yang cocok dengan pengelasan reparasi mesin. Kawat Las Edzona terbuat dari bahan pilihan dan banyak tipe yang akan menyesuaikan dengan tipe material mesin.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts