KAWAT LAS BAJA KARBON

Kawat Las Baja Karbon

BAJA KARBON (CARBON STEEL)

Baja karbon (Carbon Steel) merupakan baja yang memiliki unsur karbon (C) dalam besi (Fe), yaitu dalam bentuk karbit-besi (FeC) maka disebut baja karbon, banyak kandungan karbon dalam besi akan sangat mempengaruhi kekerasan sebuah baja karbon, jika unsur karbonnya semakin banyak maka semakin keras baja karbon tersebut, dengan batas 1,5% C.

KLASIFIKASI KARBON

Baja karbon dibagi menjadi 3, yaitu : 1. Baja karbon rendah ( Baja karbon tegangan rendah /Mild steel & Baja karbon tegangan normal/Low carbon steel) 2. Baja karbon sedang (Midle carbon steel) 3. Baja karbon tinggi (High carbon steel)

1. BAJA KARBON RENDAH

Baja karbon rendah terdiri dari 2 jenis, yaitu :

A. Baja Karbon Tegangan Rendah (Mild Steel). Baja Karbon Tegangan Rendah (Mild Steel) ini mengandung 0,04-0,15% C, memiliki sifat lunak, dapat dipress, ditempa, dicetak dingin dan juga di-las. Aplikasinya dapat berupa : produk pelat, baut-baut/mur, paku, kawat las/rod, badan kendaraan, bahan konstrukdi, dll.

B. Baja Karbon Tegangan Normal (Low Carbon Steel). Baja Karbon Tegangan Normal (Low Carbon Steel) ini mengandung 0,16%-0,30% C, memiliki sifat mudah di-las, dapat dipanaskan, relatif bersifat kuat, namun sulit dibentuk. Aplikasinya dapat berupa : roda gigi, pelat-pelat kapal, profil siku, kanal, strip, batang-batang penggerak, konstruksi bangunan

2. BAJA KARBON SEDANG (MIDLE CARBON STEEL)

Baja Karbon Sedang (Midle Carbon Steel) ini mengandung 0,30%-0,83%C, memiliki sifat sukar di-las dikarenakan kandungan karbon sudah relatif tinggi, sifatnya sulit dibentuk namun dapat dikeraskan. Aplikasinya dapat berupa : komponen-komponen mesin, poros-poros penggerak, alat-alat pertanian

3. BAJA KARBON TINGGI (HIGH CARBON STEEL)

Baja karbon tinggi mengandung unsur karbon paling tinggi, yaitu 0,83%-1,5%C, sifatnya sangat getas, sukar dibentuk, tahan aus dan tidak mampu las. Aplikasinya dapat berupa : alat-alat potong, pegas, poros roda gigi,  peluru-peluru bantalan, peralatan kerak

KELEBIHAN BAJA KARBON

1) Tersedia banyak dipasaran, di Indonesia tersedia mineral bahan baku dari baja lebih banyak dan lebih mudah untuk ditambang.

2) Harga yang lebih murah, biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan logam lain seperti stainles steel, aluminium dll.

3) Mudah untuk dikerjakan, sifat yang dimiliki baja karbon secara umum yaitu dapat di-rol, di-pres, dilubangi, dilas, dikerjakan mesin, brazing / braze welding serta juga dapat dipotong.

KAWAT LAS UNTUK BAJA

Saat ini EDZONA menyediakan kawat las untuk repair part mesin yang materialnya terbuat dari baja karbon sedang dan baja karbon tinggi. Kawat Las EDZONA memiliki kualitas yang baik sehingga Anda bisa mempercayakan kebutuhan Kawat Las Anda kepada Kami. Untuk mendapatkan produk Kami Anda bisa mengunjungi menu produk. Produk Kami antara lain :

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

KAWAT LAS STAINLESS STEEL EDZONA-110

AWS : E 307 – 16
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
DC+/AC
C 0.1 Cr 18.5
Ni 8.5 Mn 6.0
kawat las yang tahan terhadap panas extra tinggi. 1100C-1200C adalah temperatur kritis untuk beberapa jenis baja, tetapi EDZONA-110 tahan pada temperatur ini tanpa ada tanda-tanda rusak/karbonasi. Deposit las sangat halus dengan penetrasi yangd alam. Sangat sesuai dengan problem steel, terutama pada cast steel juga cast iron dengan kandungan karbon rendah.

KAWAT LAS STAINLESS STEEL EDZONA-109

AWS : E 309 Mo L- 16/17 dan E 23 12 2 LR 12
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
C<0.04 Cr 23
Ni 13 Mo 2.6
kawat las stainless steel yang serba guna. Dapat menyambung dengan baik stainless steel dengan baja karbon atau baja paduan (alooy). Membentuk martensit yang homogen dengan logam yang dilas sehingga mengikat dengan kuat dan tidak lepas.

footer-banner

 

 

 

Recommended Posts