Kawat Las Ancuran

Dalam artikel ini, membahas  pengertian ancuran dan kawat las yang cocok untuk ancuran atau besi cor.

A. Ancuran ( Besi Cor, Besi Tuang)

kkop-0001Besi Cor, besi tuang, cast iron dalam masyarakat umum  dikenal dengan nama “ancuran”. Secara Garis besar, pengertian besi cor alias ancuran ini  adalah paduan antara besi (Fe) dan karbon (C), tapi kandungan Karbon-nya harus lebih besar dari 2%. Material ancuran ini mengandung unsur silikon (Si) yang berfungsi sebagai Penggalak penggrafitan , makudnya mendorong terjadinya grafit di dalam besi cor alias ancuran. Grafit adalah karbon bebas yang terdapat dalam suatu material, yang tidak berikatan dengan unsur lain untuk membentuk suatu senyawa, jadi sifatnya relatif lunak. Grafit ini memiliki peranan pentingdalam menentukan sifat mekanik besi cor.

Macam Ancuran (Besi Cor, Besi Tuang) :

Ancuran atau besi cor , terbagi menjadi 4 jenis yaitu: a. Besi Cor Kelabu, b. Besi Cor Nodular, c. Besi Cor Malleable, d. Besi Cor Putih.

B. Kawat Las Ancuran (Besi Cor, Besi Tuang)

Kawat Las Ancuran. Dalam dunia pengelasan, kawat las yang baik untuk ancuran atau besi cor adalah :

  • Kawat Las Ancuran (Cast Iron) EDZONA-10

    AWS  NiFe
    AC/DC +/-
    Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
    Hardness : 200 HB
    Kawat Las untuk pengelasan berbagai jenis besi cor. Dapat menyambung secara sempurna antara besi cor dengan berbagai macam baja termasuk stainless steel, karena mengandung formula khusus pada coatingnya

  • Kawat Las Ancuran (Cast Iron) EDZONA-60

    AWS E Ni Cu-B
    AC/DC +/-
    Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
    Hardness : 165 HB
    kawat las ancuran khusus dengan inti nikel-tembaga yang sangat baik untuk pengelasan komponen yang terbuat dari besi cor yang mengandung tembaga, bisa dilakukan tanpa pemanasan awal atau dengan pemanasan awal (sampai 200 C).

  • Kawat Las Ancuran (Cast Iron) EDZONA-90

    AWS E Ni Ni-Cl
    AC/DC +/-
    Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
    Hardness : 175 HB
    kawat las ancuran ini dapat digunakan tanpa pemanasan awal, dengan daya tutup yang tinggi, sehingga amat ekonomis tahan terhadap ampere yang tinggi tanpa rusak atau terbakar serta tidak akan terjadi undercut.

  • Kawat Las Ancuran (Cast Iron) EDZONA-10 FN

    AWS E Ni Ni Fe-Cl
    AC/DC +/-
    Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
    Hardness : 180 HB
    kawat las ancuran untuk semua jenis besi tuang malleable kandungan Ni Fe balance yang masih dapat dimachining, keistimewaan dapat untuk penyambungan antara besi tuang dengan stainless steel, baja, besi.

  • Kawat Las Ancuran (Cast Iron) EDZONA-50 HR

    AWS E St
    AC/DC +/-
    Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
    Hardness : 300-330 HB
    kawat las ancuran untuk besi tuang yang terkontaminasi, berkomposisi bebas Ni, penetrasi baik serta hasil depositenya tidak korosi, tahan benturan dan tahan gesekan, keistimewaan dapat di tumpuk hasil lasnya lebih dari 3 lapis tidak retak walaupun tanpa under layer.

Untuk spesifikasi kawat las Ancuran, dan harga kawat las Ancuran Edzona, Anda bisa menghubungi kami via :

 

Recommended Posts