Berbagai Macam Posisi Dalam Proses Pengelasan

Berbagai Macam Posisi Dalam Proses Pengelasan. Proses pengelasan dapat dilakukan dengan berbagai macam posisi. Posisi pengelasan atau sikap pengelasan yaitu pengaturan posisi atau letak gerakan elektroda las. Posisi yang dilakukan pada saat pengelasan tergantung dari letak kampuh-kampuh atau celah- celah benda kerja yang akan di las.

Berbagai Macam Posisi Dalam Proses PengelasanPosisi-posisi dalam pengelasan terdiri dari posisi dibawah tangan (down hand position), posisi pengelasan mendatar (horizontal position), posisi tegak (vertical position), dan posisi pegelasan di atas kepala (over head position). Berikut penjelasan posisi dalam pengelasan :

  1. Posisi dibawah tangan (down hand posisition) Posisi pengelasan ini adalah posisi paling mudah dilakukan. Posisi ini dilakukan untuk pengelasan pada permukaan datar atau permukaaan agak miring, yaitu letak elektroda berada diatas benda kerja.
  1. Posisi mendatar ( horizontal posisition) Pengelasan posisi mendatar adalah pengelasan yang posisi arahnya mengikuti arah garis mendatar/horizontal. Posisi mendatar ini kemiringan dan arah ayunan elektroda harus diperhatikan, karena akan sangat mempengaruhi hasil pengelasan. Posisi benda kerja biasanya berdiri tegak atau agak miring sedikit dari arah elektroda las. Pengelasan posisi mendatar sering digunakan untuk pengelasan benda-benda yang berdiri tegak. Misalnya pengelasan badan kapal laut arah horizontal.
  1. Posisi tegak (vertical position) Pengelasan tegak merupakan pengelasan yang arah mengikuti garis tegak/vertikal. Seperti pada horizontal position pada posisi vertikal. Benda kerja berdiri tegak agak miring sedikit searah dengan gerak dari elektroda las yaitu naik atau turun.
  1. Posisi di atas kepala (over head position) Pengelasan diatas kepala posisi ini lebih sulit dibanding dengan pengelasan yang lain. Posisi pengelasan ini dilakukan untuk pengelasan pada permukaan datar atau miring, tetapi posisi berada diatas kepala, yaitu letak elektroda berada dibawah benda kerja.

Untuk pengelasan yang perlu dihidari yaitu pengelasan diatas kepala, karena posisi pengelasan diatas kepala merupakan posisi yang sangat sulit dilakukan, tetapi tidak sembarangan orang atau welder melakuakn posisi pengelasan ini. Posisi ini harung sangat diperhatikan dan harus teliti jika ingin melakukan pengelasan dengan posisi diatas kepala.

Kawat Las Edzona

Proses pengelasan yang baik juga perlu didukung dengan kualitas dari kawat las yang baik pula, Kawat las Edzona merupakan kawat las maintenance yang cocok digunakan untuk berbagai jenis pengelasan berbagai Industri. Untuk pemesanan Telp. (024) 674 7333 | Email : info@kawatlasedzona.com | Konsultasi ??? GRATIS

Recommended Posts